Assalamualaikum

Assalamualaikum

Me

Me

Cari Blog Ini

This is Me

Arti

Cinta bukan mengajar kita lemah, tetapi membangkitkan kekuatan. Cinta bukan mengajar kita menghinakan diri, tetapi menghembuskan kegagahan. Cinta bukan melemahkan semangat, tetapi membangkitkan semangat.

Jumat, 06 Januari 2012

Loe Gue End_14 Novermber 2011


Hai kenalin aku Wulan Meiliawati, aku sekolah di SMA Bulan Bintang dan aku punya sahabat namanya Suci yang slalu ada buat nemanin aku [:D #ngarang banget, tapi bener koqh].
“Pagi semuanya” ucap ku saat tiba di meja makan
“Pagi, ayo makan dulu” ucap Ibu ku
“Iya, Kak bareng ya coz aku gak bareng sama Suci” ucap ku pada Kakak ku
“Iya, gw mah baik sama loe tuh” ucap Kakak ku
“Huuuuh, yaudah berangkat sekarang az yuk nanti kesiangan” ucap ku yang ingin buru^ berangkat
“Heuhh, nyusahin loe. Gw belum makan, bentar donk” protes Kakak ku
“Ayolahhh, soal makan belakangan kan bisa” mohon ku
“Yaudahh iya iya ayo” ucap Kakak ku
Aku dan Kakak ku pun berangkat ke sekolah. Aku ke sekolah, dan Kakak ku ke kampusnya. Setiba di kelas aku pun langsung menghampiri Suci yang sudah stay dari tadi [mungkin dari Shubuh kalie yaa Hahah :D].
“Pagiiii” sapa ku
“Pagi juga, kenapa loe,.. kayaknya lagi seneng??” tanya Suci
“Iya nie aku lagi seneng J” ucap ku
“Hayoo, seneng kenapa tuh ??” tanya Suci lagi
“Yaa seneng az J” jawabku yang ingin membuat Suci penasaran
“Hmmm, terserah loe” ujar Suci
“Eh eh, tau gak tadi malem temen SMP aku sms gituh, smsnya aneh sok puitis. Gak tau dech maksudnya apaan” ucap ku
“Ohh. Jadi loe seneng gara^ itu ??” goda Suci
“Gak koqh, aneh az gituh” bela ku
“Hhahaa :D suka kalie sama loe” ucap Suci
“Hmm, gak mungkin dech, tapi....” ujar ku [tapi iya hahaha :D #ngarang.com]
“Tapi apa hayooo” goda Suci yang ingin tau [mau tau az #rahasia]
“Tapi mungkin az sich, jujur aku pernah suka sama Dya dulu” batin ku
“Ekh, ada guru tuh” bisik Suci yang membuyarkan lamunan ku

[skip]

Tetttttttt. Saatnya jam istirahat. Semua siswa/ siswi berhamburan keluar [kaya apaan yahh :D] menuju kantin, termasuk Aku dan Suci.
“Mau pesen apa???” tanya ku
“Biasa az dech” ucap Suci [biasa apa ?? Gw yang nulis az gak tau :D]
“Ok. Mba biasa yaa..bikin dua” ucap ku pada pelayan kantin
“Iya Neng. Tunggu ssebentar yaa” ucap pelayan itu
“Iya” jawab ku
“Ehh, gimana tuh sama temen SMP loe ????” tanya Suci
“Gak gimana^. Biasa az” jawab ku singkat
“Yee gimana sich loe. Emang sipa sich yang loe maksud itu ????” tanya Suci yang tambah penasaran [gak penasaran tuh :p gw kan udah tau :D]
“Hmmmmm…Raffa” kata ku pelan
“Hahh??!!!!! Raffa ????!!! Raffa anak XI IPA2 itu ??? Tanya Suci terkejut [boonnk gak kaget tau…:D]
“Iya…emang kenapa gituh ada yang salah ??” tanya ku heran
“Gak sich..gpp koqh..” jawab Suci

[skip]

-malam harinya-
Seperti biasa Raffa selalu sms menanyakan kabarku. [padahal bosen banget trima sms dari Dya, sms kayak gituh mulu bosen :p]
Raffa :
Hai lgi ngapain ??
Wulan :
Lgi tidurn az. Why ??
Raffa :
Gpp Cuma nanya az. Emang gak bleh yaa ??
Wulan :
Boleh koqh.

Selang beberapa menit, ada 1 nomor masuk yang gak aku kenal mengirim pesan.
Malem. Lagi ngapain ??
“Nope siapa ini ??” batin ku
Wulan :
Maaf, nie siapa ya ??
“Aduhh nope siapa yaa ???” batin ku semakin bingung
Rio. Nie Wulan kan ??
“Alhamdulillah ternyata Rio, temen aku” ucap ku lega
Wulan :
Iya..
Sms-an dengan dua anak itu pun berlanjut sampai pukul 21.30 sampai mataku tidak bisa diajak kompromi lagi.

-keesokan harinya-
Seperti biasa aku selalu menceritakan semuanya kepada Suci saat aku sampai di sekolah. Akhir^ ini pun Raffa dan Rio selalu sms-an dengan ku, tetapi walaupun aku dan Raffa satu sekolah tapi aku jarang ketemu. [maklumlah Dya sibuk sama ekskul batminton-nya]

-malam harinya-
Ada pesan masuk. Yahh gak ada lagi kalo gak dari Raff ya Rio. [satu lagi, kalo gak dari para fans ku. Maklum aku sudah terkenal di Indonesia J #PD abizz, tapi bener koqh]
Raffa :
Kalau cinta ibarat penyakit, aku tak mau minum obat.
Biar aku merana diserang penyakit ini, karna aku ingin kamu tau betapa aku mincintai mu… :*
“Hadeuhhh. Biasa banget nih bocah” keluh ku
“Haduhhhhh siapa lagi nie yang sms” ucap ku kesal saat menerima sms
“Hahhh ???!!!!!!! Yang bener az nie…Dya nembak aku……Yaa ampun aku harus jawab apa…perasaan aku ke Dya kan udah lama banget…” ucap kaget setelah menerima sms dari Raffa
Wulan :
Gak tau aku bingung.
Raffa :
Gimana ?? mau gak jadi cewe gue ??
Wulan :
Jalanin dulu az yang ada yah…J
“Aku ragu…” batin ku
Baru beberapa detik. Rio sms yang sontak membuat aku kaget setengah mampus. [hahah :D lebay ahh]
Rio :
Malem. Wulan. Kamu mau gak jadi cewe gue ?
“Haduhhh…yaa ampunn…apaan lagi ini…aku harus jawab apa lagi” ucap ku bingung
Wulan :
Hmm.. maaf yaa aku gak bisa.. J
Rio :
Iya.
Raffa :
Thanks yaaa… J
Wulan :
Iya sama^… J
Yupzz sekarang status ku jadi cewe Dya, walaupun aku cuma punya sedikit perasaan buat Dya. Aku pun merasa bersalah banget sama Rio. Dan semenjak itu Rio jarang sms aku [ L sedih nie…].

-pagi harinya-
Aku pun menceritakan semuanya kepada Suci yang membuatnya sangat kaget dan tak percaya. [hahay :D]
“Yang bener sich, jangan bercanda ahh” kata Suci kaget
“Iya bener…suwer dech..” ucap ku J
“Hhahaa :D jangan lupa PJ-nya” kata Suci
“Yee PJ mulu loe” balas ku
“Hahahah.., untuk mewakilkan rasa seneng loe gitu” sindir Suci
“Apaan sich..,,biasa sich..” ucap ku

[skip]

Jam istirahat pun tiba. Raffa mengajak ku ke kantin.
“Hai, kantin bareng yuk” ajak Raffa
“Eh..gimana yaa..yuk” jawab ku
Aku dan Raffa pun mengobrol banyak di kantin [gak tau dech Suci ngilang kemana EGP hahaha :D #pisss], dan tak terasa bel masuk pun berbunyi.
“Eh, udah masuk tuh, aku ke kelas dulu ya” ucap ku
“Perlu gw antar” tawar Raffa
“Gak usah…makasih yaa…bye..” ucap ku
“Bye” sahut Raffa


Perasaan aku sich seneng, gak nyangka az gitu bakal jadi kaya gini. Tapi sebenernya aku gak yakin, tapi jalanin dulu az yang ada. Tak terasa sudah 2 bulan aku menjalani hubungan dengan Raffa dan semuanya berjalan dengan lancar.

[skip]

Setelah 3 tiga bulan. Hubungan ini jadi semakin aneh. Aku pun memutuskan untuk mengakhirinya.
Wulan :
Raffa ….
Lagi ngapain nie ?? gimana kabarnya ??

Lamanya aku menunggu balesan sms darinya, tapi tak juga dibalasnya. Aku pun jadi berpikir negatif tentangnya.
Wulan :
Jangan bo bo bohongi ku tak mau kau bo bo bodohi mari saja a a akhiri ataukah ini memang taktik busuk ingin menjerat banyak cinta. I HATE YOU !!!

Aku pun selalu berusaha untuk tidak menghubunginya. Namun ku tak bisa, aku selau ingin tau apa yang sebenarnya terjadi dan mencari taunya.

[skip 1,5 bulan]

-dipagi yang cerah-
Karena hari ini hari Minggu, aku dan Suci lari pagi di sekitar rumah dan tidak sengaja Suci melihat Raffa dengan seorang perempuan.
“Eh eh liat dech, itu kan Raffa sama siapan tuh” kata Suci yan yang tak sengaja melihat Raffa
“Gak mungkin…Raffa kan gak suka lari pagi” ucap ku [malez tau orangnya :D]
“Mungkin az, apa sich yang gak mungkin. Mending loe selidikin sich Raffa. Dan siapa tuh cewe tadi kayanya deket banget” guman Suci
“Udah ahh malez nyelidikin kaya gituan” sahut ku
“Hmmm…,, yaudah” ucap Suci

Setelah pulang dari lari pagi dan sampai di rumah, aku langsung mengambil hp dan sms Raffa. Anehnya tumben banget Raffa bales sms. [aneh banget tuh readers]
Wulan :
Hai, bisa maen ke rumah gak ??
Raffa :
Maaf, aku lgi sbuk. Jadi laen kalie az yaa..
Wulan :
Ohhh gtuh…kalo bleh tau sbuk apaan ??
Raffa :
Aku sbuk sma ekskul badminton, kan bentar lgi mau ada prtandingn. Maaf yaa..
Wulan :
Ohh gituh yaa..yaudah gpp..
“Halah sibuk apaan. Cuma pemain cadangan az sibuk…huhh dasar sok sibuk” omel ku

-pagi harinya-
Aku yang sedang berjalan menuju kelas ku tak sengaja melihat pemandangan yang sangat tak enak dilihat bagi ku.aku melihat Raffa dan seorang cewe ditaman sekolah sedang berduaan ditambah pegangan tangan lagi [gila :@ apa^an tuh]. Mau banget tuh nonjok tuh orang, tapi masa pagi^ gini udah berantem di sekolah [gak lucu banget kan bikin heboh pagi^]
Yaa gak readers ????? [readers : bener banget]
Aku tak menghiraukan dan langsung melanjutkan perjalanan menuju kelas sambil menahan emosi. Sesampainya di kelas aku langsung menceritakan kejadian tadi ke Suci [Suci lagi * J #seneng yaa Uci]
“Ya iya loe nya sich dibilangin ngeyel :p” kata Suci
“Ya kan aku gak tau kalo bakal kaya gini jadinya” ucap ku
“Ya udah loe mending putusin az…buat apa cowo kayak gitu, mending loe cari yang baru” saran Suci
“Iya iya” jawab ku

Bel masuk berbunyi. Semua siswa bergegas menuju lapangan utama untuk melaksanakan upacara bendera.

[skip]

Setelah upacara selesai siswa/ siswi berhamburan dari lapangan. Ketika aku melewati karidor sekolah aku tak sengaja [lagi] melihat Raffa sedang merangkul Vika [ anak XI IPA 3] yang katanya sich pacar barunya [ihh nyesekkk banget sumpah]. Walaupu kata^ orang dia cantik, yah cantikan gw lah., attitude gw juga lebih baik gw [gak percaya. Buktinya Dya udah hancurin hubungan gw].
Aku yang udah mulai hadis kesabaran dan udah gak bisa ngendaliin emosi, langsung menghampiri mereka berdua [meledak nie emosi #kaya bom gito]
“PLAAAKKKKKKKKK” sebuah tamparan keras dipipi Raffa [seneng banget gw]
“Awww…loe apa^an sich” ucap Raffa yang langsung beranjak dari tempat duduknya tanpa merasa bersalah sedikitpun [kurang ajar banget kan readers]
“Loe tuh yang apa^an. Maksud loe apa HAHH !!!!!!!!!!!” ucap ku yang begitu kesal
“Gw gak ngerti loe ngomong apa” dengan PD-nya Raffa bicara
“Loe buta yaa !!! Yang loe lakuin selama ini ke gw apa ?!!! loe bilang sibuk sama ekskul loe !!! tapi apa buktinya loe malah asi^an berduan sama tuh cewe” ujar ku dengan emosi yang meledak [emang bom :D]
“Loe mau tau kenapa gw ngelakuin semua ini. Karna gw ngerasa loe gak nganggap gw sebagai cowo loe. Loe sendiri kan yang cuek sama gw” kata Raffa yang membela dirinya dengan sejuta alasan
“HAHHHH !! CUEKKK !!! loe tuh yang cuek. Secuek^nya gw, gw slalu berusaha untuk ngehubungin loe. Apa balesan loe. Loe sendiri yang gak ada kabar sama sekali. Gw udah sabar banget hadapin loe. Pikir donk !! loe yang salah !!! kenapa loe salahin gw, seolah^ gw yang salah” ucap ku ketus
“Terserah” sahut Raffa [gak tau diri banget loe]
“Ok kalo itu alasan loe ngelakuin semua ini. Tapi gak kaya gini juga , seenggaknya loe bisa kan bilang ke gw secara baik^ gak usah selingkuh kaya gini. Loe emang gak punya perasaan, gak tau diri, dasar PLAYBOY !! loe gak tau gimana perasaan gw [sakitttt bangettt]” kata ku yang begitu kesal
“Terserah loe mau bilang apa. Gw minta kita putus” ucap Raffa [putus is ok]
“Ok. Mulai tahun, bulan, hari, jam, menit, detik ini [lengkap banget, kurang panjang] LOE GUE END kita PUTUSSSSS !!! “ ucap ku dengan nada tinggi [kaya nyanyi az :D]
“Yaa” kata Raffa J
“Dan loe Vik, loe mau^nya jadi cewe PLAYBOY CAP PAKU KARAT kaya gini. Loe juga gak punya perasaan dan harga diri. Sebagai cewe loe taulah gimana rasanya. Sakitttt..” ucap ku
“Ayo Vik kita pergi dari sini” ajak Raffa
“Eh eh eh, enak az ya loe main pergi gitu az. Loe punya salah besar, gak punya rasa tanggung jawab banget sich loe” seru ku
“Mau loe apa lagi” ucap Raffa yang menahan emosinya
“Mau gw. Loe minta maaf ke gw didepan ratusan orang disini SEKARANG JUGA” ucap ku [untung gak jutaan bahkan milyaran orang yahh #lebay]
“Ok. Semuanya yang ada disini, gw berdiri disini mau MINTA MAAF SAMA WULAN, CEWE YANG UDAH GW SAKITIN PERASAANNYA puas loe” ucap Raffa
“Hahahahh… :D puas banget gw. Thanks semuanya kalian boleh bubar” ucap ku
“Heuhh” guman Raffa
“Tunggu dulu. Sebelum kalian pergi ada sesuatu yang pengen gw bilang ke kalian” ucap ku
“Apa” sahut Raffa
“Raff, MAKASIH ATAS SEMUANYA !!! dan Vik MAKASIH  UDAH NGEHANCURIN !!! Gw harap suatu saat nanti kalian ngerasain apa perasaan gw sekarang ini, bahkan lebih dari SAKIT HATI yang gw rasain sekarang ini” ujar ku, Raffa dan Vika pun pergi
Tiba^ ada yang menepuk bahu ku
“Gw suka gaya loe …hhehe :D” kata Suci [kata^ gw itu]
“Thanks.. apalagi gw …hahahhh :D” sahut ku
Dan mulai tahun, bulan, hari, jam, menit, detik ini [kurang panjang hahaahh] sampai seterusnya. Aku akan memilih seorang laki^ yang benar^ baik dan tulus hatinya dan adanya saling keterbukaan satu sama lain selama kita bersama dan tentunya dengan rasa rasa saling percaya & pengertian.
 
 
Thanks for Readers J [jangan lupa like yach].
Terima kasih buat temen^ kelas 9’che [Nice] [The Bents] Spenlazt dari ‘A’ sampai ‘W’ yang udah memberikan inspirasi dan dukungan atas cerpen ini.

Kritik dan saran hubungi Wulan [ceiliehhh hahh :D]
Penulis          : Suci Amalia
Editor          : Wulan Meiliawati

Cerita ini rill yang dibuat sebagai kenangan. Maaf jika cerita ini menyinggung seseorang. [kami sebagai penulis dan editor tidak bermaksud untuk itu].

Selasa, 03 Januari 2012

MAKNA PENTING PENDIDIKAN


P
endidikan merupakan suatu hal yang amat penting untuk kehidupan manusia. Dan suatu hal yang mendasar menciptakan sesosok manusia yang bertingkah laku baik dan berbudi luhur. Kita ketahui kebutuhan manusia yang makin banyak, bertambah dan berkembang. Jelas pendidikan pun dituntut untuk ikut berkembang dan mengalami suatu perubahan. Pola pikir manusia pun berkembang dan ikut menuntut pendidikan untuk mengalami suatu hal yakni perubahan, lebih tepatnya pembenahan diri agar pendidikan sesuai dengan berkembangan manusia.
Pembenahan diri dalam dunia pendidikan biasa disebut inovasi pendidikan. Pendidikan mengalami suatu hal yang baru dan berbeda. Inovasi ini merupakan suatu contoh bahwa pendidikan merupakan suatu sistem terbuka, bukan sistem yang tertutup atau bahkan terisolir. Pendidikan mampu mengadopsi ilmu – ilmu, teori atau istilah yang berkaitan dan sesuai dengan bidang pendidikan. Tidak sembarang pendidikan mengadopsi istilah dari bidang di luar pendidikan. Istilah “strategi” merupakan istilah yang berasal dari bidang kemiliteran yang biasa dipakai untuk berperang. Dalam dunia pendidikan istilah “strategi” ini dipakai sabagai cara atau taktik untuk menyampaikan materi agar dapat diserap oleh siswa.
Ada banyak inovasi dalam dunia pendidikan yang dapat digunakan oleh pendidik. Inovasi tersebut tentunya telah ditelaah oleh ahli pendidikan dan telah diuji coba.  Apalagi setelah diterapkannya Kurikulum KTSP yang memberikan kebebasan satuan pendidikan untuk mengatur jalannya proses pembelajaran di tiap sekolah. Yang berarti memberikan pula kebebasan untuk guru dalam menyesuaikan gaya mengajarnya dan kebutuhan siswa. Guru atau pendidik tentunya mengerti dan tahu inovasi pendidikan yang terbaru karena ada penataran atau diklat.
Inovasi yang biasanya ditemukan adalah pernyataan bahwa “siswa bukanlah objek dalam proses dalam pembelajaran, tapi subjek dalam proses pembelajaran”. Semua guru atau pendidik pasti akan menyatakan hal yang sama. Namun dalam prakteknya tidak demikian, masih banyak guru yang secara langsung dan tidak langsung penganggap peserta didik sebagai objek. Ada guru yang hanya menggunakan metode ceramah selama proses pembelajaran, tanpa adanya tanya jawab atau pun diskusi. Ada pula guru yang hanya memberikan siswa tugas selama proses pembelajaran, dengan alasan siswa itu harus mandiri dan berekspresi. Seperti tidak ada pertanggung jawaban bukan? Seorang guru seharusnya membimbing, mengawasi, dan mendidik.
Sebuah inovasi secara teori sangat bagus. Namun setelah dipraktekkan oleh pendidik atau guru, banyak yang gagal. Seharusnya inovasi apa pun harus disesuaikan dengan karakter pendidik dan keadaan siswanya. Tidak pantas bila seorang pendidik mengatakan dan menyalahkan bahwa, kurikulum itu gagal, inovasi itu gagal. Kegagalan tersebut sebenarnya berasal dari pendidik itu sendiri.
Pendidik harus dapat merefleksi diri dan terbuka menerima kritikan yang ada sebagai bahan pengembangan dan perbaikan diri. Pendidikan saja mampu terbuka menerima guna membenahi diri. Pendidik pun harus dapat membenahi diri. Tetap guru terbaik adalah pengalaman. Dan keberhasilan seorang pendidik atau guru bukan hanya ketika peserta didik mencapai tujuan pembelajaran, namun ketika peserta didik mampu merubah tingkah laku menjadi sosok manusia yang bertingkah laku baik dan berbudi luhur serta berguna bagi orang tua, agama, nusa dan bangsa.

Analisis artikel

Menurut saya berdasarkan modul UT. Jenis artikel ini adalah eksposisi (paparan), karena isinya memaparkan, menerangkan, menyampaikan makna penting dari pendidikan. Dipaparkan pula makna pendidikan, inovasi pendidikan, sampai pada refleksi seorang guru terhadap pendidikan itu sendiri. Namun diakhir paragraph ada persuasive yang mengajak pendidik untuk membenahi diri sama halnya dengan pendidikan yang terus berbenah diri.

Hakikat Manusia dan Perkembangannya

A.    Hakikat Manusia dan Perkembangannya
1.      Hakikat Manusia
a.      Manusia sebagai Makhluk Tuhan
Makhluk Tuhan sering disebut sebagai “homo religius” yang berarti berarti ia adalah makhluk yang mengandung kemungkinan baik dan jahat. Manusia diciptakan Tuhan Yang Maha Esa di muka bumi ini sebagai makhluk yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk lain ciptaan – Nya. Melalui kesempurnaannya itulah manusia bisa berfikir, bertindak, berusaha dan bisa manentukan mana yang baik dan benar. Di sisi lain manusia meyakini bahwa ia memiliki keterbatasan dan kekurangan. Mereka yakin ada kekuatan lain, yaitu Tuhan sang pencipta alam semesta. Oleh sebab itu, sudah menjadi fitrah manusia, pada hakikatnya manusia adalah makhluk religius yang mempercayai adanya sang maha pencipta yang mengatur seluruh sistem kehidupan dimuka bumi ini.
Ciri – ciri manusia sebagai makhluk Tuhan sebagai berikut.
@ Mengakui kebesaran dan keagungan Tuhan yang diwujudkan dengan berbagai cara.
@ Menyadari bahwa dunia dan segala isinya adalah ciptaan Tuhan.
@ Manusia dianugerahi akal dan budi yang dapat dikembangkan secara maksimal.
@ Manusia memiliki keterbatasan yang kadang – kadang sukar untuk dijelaskan.
 
b.      Manusia sebagai Makhluk Pribadi/ Individu
Individu berasal dari kata in dan devided. Dalam Bahasa Inggris in salah satunya mengandung pengertian tidak, sedangkan devided artinya terbagi. Jadi individu artinya tidak terbagi, atau satu kesatuan. Dalam bahasa latin individu berasal dari kata individium yang berarti yang tak terbagi, jadi merupakan suatu sebutan yang dapat dipakai untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan tak terbatas.
Manusia sebagai makhluk individu memiliki unsur jasmani dan rohani, unsur fisik dan psikis, unsur raga dan jiwa. Seseorang dikatakan sebagai manusia individu manakala unsur – unsur tersebut menyatu dalam dirinya. Jika unsur tersebut sudah tidak menyatu lagi maka seseorang tidak disebut sebagai individu. Dalam diri individu ada unsur jasmani dan rohaninya, atau ada unsur fisik dan psikisnya, atau ada unsur raga dan jiwanya.
Setiap manusia memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri, tidak ada manusia yang persis sama. Dari sekian banyak manusia, ternyata masing – masing memiliki keunikan tersendiri. Seorang individu adalah perpaduan antara faktor fenotip dan genotip. Faktor genotip adalah faktor yang dibawa individu sejak lahir, ia merupakan faktor keturunan, dibawa individu sejak lahir. Kalau seseorang individu memiliki ciri fisik atau karakter sifat yang dibawa sejak lahir, ia juga memiliki ciri fisik dan karakter atau sifat yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan (faktor fenotip). Faktor lingkungan (fenotip) ikut berperan dalam pembentukan karakteristik yang khas dari seseorang. Istilah lingkungan merujuk pada lingkungan fisik dan lingkungan sosial. Lingkungan fisik seperti kondisi alam sekitarnya. Lingkungan sosial, merujuk pada lingkungan di mana eorang individu melakukan interaksi sosial. Kita melakukan interaksi sosial dengan anggota keluarga, dengan teman, dan kelompok sosial yang lebih besar.
 Karakteristik yang khas dari seeorang dapat kita sebut dengan kepribadian. Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda – beda yang dipengaruhi oleh faktor bawaan (genotip)dan faktor lingkungan (fenotip) yang saling berinteraksi terus – menerus.
Menurut Nursid Sumaatmadja, kepribadian adalah keseluruhan perilaku individu yang merupakan hasil interaksi antara potensi – potensi bio – psiko – fiskal (fisik dan psikis) yang terbawa sejak lahir dengan rangkaian situasi lingkungan, yang terungkap pada tindakan dan perbuatan serta reaksi mental psikologisnya, jika mendapat rangsangan dari lingkungan. Dia menyimpulkan bahwa faktor lingkungan (fenotip) ikut berperan dalam pembentukan karakteristik yang khas dari seeorang.
c.       Manusia sebagai Makhluk Sosial
Menurut kodratnya manusia adalah makhluk sosial atau makhluk bermasyarakat, selain itu juga diberikan yang berupa akal pikiran yang berkembang serta dapat dikembangkan. Dalam hubungannya dengan manusia sebagai makhluk sosial, manusia selalu hidup bersama dengan manusia lainnya. Dorongan masyarakat yang dibina sejak lahir akan selalu menampakan dirinya dalam berbagai bentuk, karena itu dengan sendirinya manusia akan selalu bermasyarakat dalam kehidupannya. Manusia dikatakan sebagai makhluk sosial, juga karena pada diri manusia ada dorongan dan kebutuhan untuk berhubungan (interaksi) dengan orang lain, manusia juga tidak akan bisa hidup sebagai manusia kalau tidak hidup di tengah-tengah manusia.
Manusia sebagai makhluk sosial adalah manusia yang senantiasa hidup dengan manusia lain (masyarakatnya). Ia tidak dapat merealisasikan potensi hanya dengan dirinya sendiri. Manusia akan membutuhkan manusia lain untuk hal tersbut, termasuk dalam mencukupi kebutuhannya.
Menurut kodratnya manusia adalah makhluk sosial atau makhluk bermasyarakat, selain itu juga diberikan yang berupa akal pikiran yang berkembang serta dapat dikembangkan. Dalam hubungannya dengan manusia sebagai makhluk sosial, manusia selalu hidup bersama dengan manusia lainnya. Dorongan masyarakat yang dibina sejak lahir akan selalu menampakan dirinya dalam berbagai bentuk, karena itu dengan sendirinya manusia akan selalu bermasyarakat dalam kehidupannya. Manusia dikatakan sebagai makhluk sosial, juga karena pada diri manusia ada dorongan dan kebutuhan untuk berhubungan (interaksi) dengan orang lain, manusia juga tidak akan bisa hidup sebagai manusia kalau tidak hidup di tengah-tengah manusia.
Ketika manusia sebagai makhluk individu ternyata tidak mampu hidup sendiri. Pada usia bayi, ia sudah menjalin hubungan terutama dengan ayah dan ibu, dalam bentuk gerakan, senyuman, dan kata-kata. Pada usia 4 tahun, ia mulai berhubungan dengan teman- teman sebaya dan melakukan kontak sosial. Pada usia-usia selanjutnya, ia terikat dengan norma-norma pergaulan dengan lingkungan yang semakan luas. manusia hidup dalam lingkungan sosialnya. Ia dalam menjalani kehidupannya akan senantiasa bersama dan bergantung pada manusia lainnya. Manusia saling membutuhkan dan harus bersosialisasi dengan manusia lainnya. Hal ini disebabkan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya tidak dapat memenuhinya sendiri. Ia akan bergabung dengan manusia lain membentuk kelompok-kelompok dalam rangka pemenuhan kebutuhan dan tujuan hidup. Dalam hal ini, manusia sebagai individu memasuki kehidupan bersama dengan individu lainnya.
Berdasarkan proses diatas, manusia lahir dengan keterbatasan, dan secara naluriah manusia membutuhkan hidup dengan manusia lainnya. Manusia sejak lahir dipeliharadan dibesarkan dalam sesuatu masyarakat terkecil, yaitu keluarga. Keluarga terbentuk karena adanya pergaulan antar anggota sehingga dapat dikatakan bahwa berkeluarga merupakakn kebutuhan manusia. Esensinya, manusia memerlukan orang lain atau hidup hidup dalam kelompoknya.
Tanpa bantuan manusia lainnya, manusia tidak mungkin bisa berjalan dengan tegak. Dengan bantuan orang lain, manusia bisa menggunakan tangan, bisa berkomunikasi atau bicara, dan bisa mengembangkan seluruh potensi kemanusiaannya.
Dapat disimpulkan, bahwa manusia dikatakan sebagai makhluk sosial, karrena beberapa alasan, sebagai berikut.
@ Manusia tunduk pada aturan, norma sosial.
@ Perilaku manusia mengaharapkan suatu penilain dari orang lain.
@ Manusia memiliki kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain
@ Potensi manusia akan berkembang bila ia hidup di tengah-tengah manusia.

2.      Perkembangan Manusia
a.      Pengertian Perkembangan
Perkembangan pada dasarnya adalah perubahan kualitatif sesuatu hingga membuahkan hasil atau manfaat bagi pihak lain. dapat diartikan pula sebagai perubahan kualitatif dari fungsi-fungsi yang dimungkinkan adanya perubahan tingkah laku hasil belajar.
Beberapa definisi psikologi perkembangan menurut para ahli.
@ Menurut Monks, Knoers dan Haditono bahwa “psikologi perkembangan adalah suatu ilmu yang lebih mempersolankan faktor-faktor umum yang mempengaruhi proses perkembangan (perubahan) yang terjadi dalam diri pribadi seseorang dengan menitik beratkan pada relasi antara kepribadian dan perkembangan.”
@ Menurut Kartono bahwa “Psikologi perkembangan (psikologi anak) adalah suatu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia yang dimulai dengan periode masa bayi, anak pemain, anak sekolah, masa remaja sampai periode adolesense menjelang dewasa.”
@ Encyclopedia International: “Developmental psychology is a branch of psychology devoted been placed on the search for those elements of behavior in the child which are thought to be prerequisite for complex adult behavior.” (Psikologi perkembangan adalah suatu cabang dari psikologi yang mengetengahkana pembahasan tentang perilaku anak secara historic titik berat pembahasannya pada penganalisaan elemen-elemen perilaku anak yang dimungkinkan akan menjadi syarat terbentuknya perilaku dewasa yang kompleks).
@ Good dalam Dictionary Of Education: “Developmental psychology: the branch of psychology concerned with the course of progressive stages of behavior, considered phylogenetically anda ontogenetically, and including both the phase of growth and of decline, broder in meaning than genetic psychology, though the terms are frequently use interchangeably.”
Perkembangan dapat diartikan sebagai The progressive and continous change in the organism from birth to death (perubahan yang progresif dan berkesinambungan dalam diri individu dari mulai lahir samapai mati). Pengertian lain dari perkembangan adalah perubahan – perubahan yang dialami individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya atau kematangan (maturation) yang berlangsung secara sistematis, progresif, dan berkesinambungan, baik menyangkut fisik dan psikis.
@ Sistematis, berarti perubahan dalam perkembangan bersifat saling kebergantungan atau saling mempengaruhi antara bagian – bagian organism (fisik dan psikis) dan merupakan satu kesatuan yang harmonis.
@ Progresif, berarti perubahan yang terjadi bersifat maju,, meningkat, dan mendalam (meluas) baik  secara kuantitatif (fisik) maupun kualitatif (psikis).
@ Berkesinambungan, berarti perubahan pada bagian atau fungsi organisme itu berlangsung secara beraturan atau berurutan tidak terjadi secara kebetulan atau loncat – loncat.


b.      Prinsip Umum Perkembangan
1)      Perkembangan merupakan proses yang tidak pernah berhenti (never ending process)
2)      Semua aspek perkembangan saling mempengaruhi
3)      Perkembangan itu mengikuti pola atau arah tertentu
Yelon dan Weinstan mengemukakan tentang arah atau pola perkembangan itu sebagai berikut.
@ Cephalocaudal & proximal – distal
Perkembangan manusia dimulai dari kepala ke kaki (cephalocaudal) dan dari tengah (paru – paru, jantung dan sebagainya), ke pinggir (tangan) (proximal – distal).
@ Struktur mendahului fungsi
Anggota tubuh individu itu akan dapat berfungsi setelah matang strukturnya.
@ Perkembangan itu berdiferensi
Perkembangan itu berlangsung dari umum ke khusus (spesifik). Dalam semua aspek perkembangan, baik motorik (fisik) maupun mental (psikis), respon anak pada mulanya bersifat umum.
@ Perkembangan itu berlangsung dari konkret ke abstrak
Perkembangan itu berproses dari suatu kemampuan berpikir yang konkret (objeknya tampak) menuju ke abstrak (objeknya tidak tampak).
@ Perkembangan itu berlangsung dari egosentris ke prespektivisme
Mulanya seorang anak hanya melihat atau memperhatikan dirinya sebagai pusat, dia melihat bahwa lingkungan itu harus memenuhi kebutuhan dirinya. Melalui pengalamannya dalam bergaul dengan teman sebaya atau orang lain, lambat laun sikap egosentris itu berubah menjadi prespektivis (anak telah memiliki sikap simapti atau memperhatikan kepentingan orang lain).
@ Perkembangan itu berlangsung dari “outer control to linier control
Awalnya anak sangat bergantung pada orang lain, terutama orang tuanya. Baik menyangkut pemenuhan kebutuhan fisik maupun psikis berupa perlindungan, kasih sayang atau norma – norma. Sehingga dia dalam menjalani hidupnya masih didominasi oleh pengendalian atau pengawasan dari luar. Seiring bertambahnya  pengalaman atau belajar dari pergaulan sosial tentang norma atau nilai – nilai, baik – baik di lingkungan keluarga, sekolah, teman sebaya atau masyarakat anak dapat mengembangkan kemampuan untuk mengendalikan diri.
4)      Perkembangan terjadi pada tempo yang berlainan
Perkembangan fisik dan psikis mencapai kematangannya terjadi pada waktu dan tempo yang berbeda, ada yang cepat dan ada yang lambat.
5)      Setiap fase perkembangan mempunyai ciri khas
Perkembangan pada setiap fase akan berbeda satu sama lain, namun masih tetap sebagai berkesinambungan antar fase perkembangan.
6)      Setiap individu yang normal akan mengalami tahapan/ fase perkembangan
Prinsip ini berarti bahwa dalam menjalani hidupnya yang normal dan berusia panjang. Individu akan mengalami fase – fase perkembangan dari bayi, kanak – kanak, anak, remaja, dewasa, hingga masa tua.



Adapun tiga prinsip umum perkembangan yang diakui oleh para ahli. Ketiga prinsip itu sebagai berikut.
1)      Manusia berkembang dengan kecepatan yang berbeda – beda.
Kecepatan perkembangan pada setiap manusia tidaklah sama ada yang cepat, biasa saja, bahkan lambat.
2)      Perkembangan berlangsung secara relative teratur.
Manusia berkembang dari kemampuan yang awal (sederhana) kepada kemampuan yang lebih tinggi.
3)      Perkembangan terjadi secara berangsur – angsur.
c.       Aspek Perkembangan Manusia
1)      Perkembangan fisik dan motorik adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan gerakan – gerakan.
2)      Perkembangan pengamatan, ingatan dan fantasi.
@ Pengamatan, perkembangan pengamatan sama halnya pada perkembangan motorik pada permulaan. Yaitu mula – mula bersifat umum, global, yang selanjutnya menuju ke hal – hal yang khusus.
@ Ingatan, berkembang sesuai umur semakin bertambah usia anak maka makin bertambah juga kemampuan daya ingatnya
@ Fantasi,mulai berkembang pada usia kurang lebih tiga tahun dan selanjutnya terus berkembang.
3)      Perkembangan kognitif dan berfikir, kemampuan berfikir ini juga berkembang sesuai dengan pertambahan usia. Mulai kanak – kanak hinga pada akhir nya tercapai kepribadian yang bulat.
4)      Perkembangan kepribadian, perkembangan selalu menyangkut kehidupan aku pribadi (ego) dalam hubungannya dengan kehidupan sekitar. Pada mulanya sifat ego tersebut sangattinggi, namun seiring bertambahnya usia sifat tersebut semakin berkurang akibat bertambahnya pengalaman – pengalaman hidup dalam masyarakat.
5)      Perkembangan kedewasaan, perkembangan ini tidak dapat dilepas dari perkembangan kepribadian. Terbentuknya kepribadian yang bulat, berarti pula tercapainya kedewasaan.
6)      Perkembangan sosial, perkembangan yang terjadi dalam interaksi dengan orang lain.
 B.     Tripusat Pendidikan
Konsep tripusat pendidikan dicetus oleh Ki Hajar Dewantara sebagai salah satu prinsip pendidikan Taman Siswa. Tripusat pendidikan adalah pendidikan yang berlangsung pada tiga lingkungan yang dianggap sebagai pusat pendidikan yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyuarakat. Perpaduan antar ketiganya menentukan keberhasilan dalam suatu pendidikan.
Seperti dikatakan Ki Hajar Dewantara, pendidikan berlangsung didalam lembaga sekolah, keluarga dan masyarakat. Sistem yang disebut sebagai Tripusat Pendidikan ini dijadikan sebagai strategi dalam upaya pengembangan pendidikan yang didasarkan kebudayaan dan kebangsaan sebagai upaya penangkalan terhadap kebudayaan dari luar yang tidak mendidik sesuai dengan budaya timur.Sistem tripusat pendidikan membutuhkan realisasi diantaranya dengan membuat inspirasi dan membangun perasaan saling bekerja sama dan mengembangkan daya saing diantara siswanya.
1.      Keluarga sebagai Pusat Pendidikan
Keluarga sebagai pusat pendidikan merupakan tempat pendidikan yang pertama dan utama bagi anak. Pembentukan sikap, kebiasaan, kepribadian, serta nilai – nilai agama terutama diharapkan terjadi dalam keluarga. Di samping itu, keluarga juga mempunyai peran yang paling penting dalam pembentukan pengetahuan dan keterampilan seorang anak, pada gilirannya akan mempengaruhi pendidikan sekolah. Presentasi yang dicapai anak di sekolah tidak dapat dilepaskan dari peran pendidikan dalam keluarga.


2.      Sekolah sebagai Pusat Pendidikan
Sekolah merupakan tempat pendidikan formal yang berjenjang dan berkesinambungan. Undang – undang tentang Sistem Pendidikan Nasional membagi pendidikan sekolah menurut jenis dan jenjangnya. Jenis pendidikan sekolah terdiri dari pendidikan umum, pendidikan kejuruan, pendidikan luar biasa, pendidikan kedinasan, pendidikan keagamaan, pendidikan akademik, dan pendidikan professional. Dari jenjangnya, pendidikan dibagi menjadi pendidikan dasar, terdiri dari pendidikan SD dan SMP, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Di samping itu, dapat pula dilaksanakan pendidikan luar sekolah.
Tugas sekolah sebagai pusat pendidikan bukan hanya membekali anak dengan pengetahuan yang pada umumnya bersifat hafalan, tetapi menyelenggarakan berbagai kegiatan yang memungkinkan anak menguasai pengetahuan, sikap/ nilai,  dan keterampilan yang sesuai dengan sosok manusia Indonesia seutuhnya.
3.      Masyarakat sebagai Pusat Pendidikan
Masyarakat sebagai pusat pendidikan menyelenggarakan pendidikan luar sekolah, berupa kegiatan belajar mengajar yang tidak harus berjenjang dan berkesinambungan. Pendidikan di masyarakat terutama ditekankan pada pembentukan pengetahuan serta nilai dan sikap juga diperhatikan. Contoh – contoh pendidikan yang berlangsung dalam masyarakat adalah berbagai kursus dan pendidikan paket. Pendidikan dalam masyarakat juga mempengaruhi pendidikan yang berlangsung di sekolah.

C.    Dasar – dasar Pembelajaran Anak Didik
1.      Prinsip Holistik Perkembangan Anak Didik
Secara umum kata holistic berarti keseluruhan. Prinsip holistic perkembangan anak mengisyaratkan bahwa anak belum mampu menghayati lilngkungannya secara terpilah – pilah. Sebaliknya, anak memandang lingkungannya sebagai suatu keseluruhan yang tidak jelas unsur – unsurnya. Memberikan makna secara holistic berdasarkan pengalaman konkret, serta belum mampu menghayati sesuatu yang abstraak atau yang dipilah – pilah secara artificial.
2.      Kebutuhan Anak akan Pendidikan
Sesuai dengan prinsip holistic perkembangan anak serta karakteristik anak usia SD kelas rendah maka dalam pendidikan/ pembelajaran dapat dirinci sebagai berikut.
@ Pengalaman belajar yang bersifat konkret.
Kemampuan anak untuk memilih pengalaman belajar yang bersifat abstrak belum tumbuh.
@ Memberikan kesempatan mengutak – atik atau memanipulasi sesuatu.
Kegiatan – kegiatan yang memberikan kesempatan siswa untuk berkreasi sekaligus untuk bermain dan belajar.
@ Mencerminkan keterpaduan, bukan pengalaman belajar yang dipilah – pilah secara ketat dalam berbagai bidang ilmu.
Pengalaman belajar ini hendaknya bertolak dari satu kesatuan yang utuh, yang mampu dihayati anak secara konkret sehingga anak dapat member makna terhadap pengalaman tersebut.
Kondisi belajar yang menyenangkan yang mencangkup,
@ model atau contoh yang memadai;
@ kesempatan mengulang contoh yang diberikan; dan
@ dorongan atau motivasi belajar yang dapat dimunculkan dengan,
F menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dengan cara membangun hubungan yang akrab dan sehat dengan siswa;
F pengalaman belajar yang sesuai dengan karakteritik;
F penguatan/ balikan yang tepat dengan menanamkan kepercayaan pada diri anak bahwa mereka mampu mengerjakannya; dan
F menghindari respon negative, kesalahan yang dibuat anak adalah sesuatu yang wajar dalam proses belajar.