Assalamualaikum

Assalamualaikum

Me

Me

Cari Blog Ini

This is Me

Arti

Cinta bukan mengajar kita lemah, tetapi membangkitkan kekuatan. Cinta bukan mengajar kita menghinakan diri, tetapi menghembuskan kegagahan. Cinta bukan melemahkan semangat, tetapi membangkitkan semangat.

Selasa, 03 Januari 2012

JIKA AKU MENJADI DIA ????


Anak Berkebutuhan Khusus. Siapakah dia?

J
ika mendengar istilah tersebut. Pasti akan tergambar tentang SLB atau pun sekumpulan orang – orang aneh yang berperilaku tidak wajar. Bahkan tidak sedikit orang beranggapan mereka itu orang yang tidak berguna. Memang benar mereka itu adalah anak yang memiliki banyak keterbatasan bahkan kelebihan, tidak seperti anak – anak normal pada umumnya.
Potret kehidupan Anak Berkebutuhan Khusus ini sebenarnya amat sangat menarik. Bahkan akan membuat kita yang mengetahuinya akan terkesima. Betapa Subhanallah ciptaan Allah.
Anak – anak demikian adalah anak – anak yang berbeda dengan anak normal pada umumnya. Perbedaan tersebut secara fisik, emosi, tingkah laku, dan intelegensi. Jangan salah, anak yang memiliki intelegensi tinggi atau berbakat termasuk ke dalam kategori anak berkebutuhan khusus. Kenapa? Karena mereka berbeda dan istimewa. Anak berkebutuhan khusus bukan hanya anak yang memiliki keterbatasan pada fisik ataupun penyimbangan perilaku.
Dibalik perbedaan tersebut ada hal yang membuat mereka istimewa. Seperti Anak Tunanetra, mereka memiliki kepekaan terhadap sentuhan dan rabaan. Bahkan pendengaran yang tajam. Tidak seperti anak normal seperti biasanya. Sehingga keistimewaan tersebut menutupi keterbatasan yang mereka miliki. Dan anak – anak ini pun memiliki semangat untuk dapat berkarya, mengapai cita – cita dan mengaharumkan nama Bangsa Indonesia.
Jadi mereka harus mendapatkan layanan khusus dan pendidikan inklusif. Pendidikan dan perhatian yang khusus dari orang tua dan pendidiknya sangatlah penting bagi perkembangan mereka terutama perkembangan jiwa/ mental mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar